Selasa, 16 Oktober 2012


Kemiskinan di Indonesia

Tentunya kalau kita sedang berada dalam satu topik yaitu berbicara tentang kemiskinan diindonesia banyak hal-hal terkait didalamnya , masalah ini bukan saja yang dialami di indonesia, tapi ini merupakan masalah global .

bagaimana kita tahu bahwa indonesia adalah negara berkembang di asia bahkan di dunia, banyaknya penduduk kita saat ini berada diperingkat ke 4 setelah india, seperti yang kita ketahui kemiskinan bukan hal yang baru dalam masalah  di indonesia , masalah ini muncul dari sebelum kemerdekaan . kemiskinan adalah keadaan dimana ketidakmampuan dalam memnuhi kebutuhan dasar seperti membutuhkan pakaian, makanan , tempat berlindung , kesehatan dan pendidikan . peran pemerintah dalam memerangi kemiskinan telah menjadi pokok tugas dalam setiap kinerjanya tapi disisi lain bahwa masyarakat disudut kota masih banyak yang tertinggal bahkan tertindas oleh kota kota besar diindonesia, kita sebut saja kota jakarta yang merupakan kota metropolitan dan pusat pemerintahan yang harus melihat sekeliling daerahnya terkena dampak kemiskinan seperti banyaknya rumah-rumah bereceran dipinggir sungai , dan para pengemis , pengamen yang harus menjadi pemandangan ibu kota sehari-hari , tentu ini menjadi hambatan dalam setiap negara berkembang dan negara tidak maju dalam masalah ekonomi .
Dampak kemiskinan
Dampak kemiskinan terhadap masyarakat umumnya begitu banyak dan kompleks, diantaranya:
  1. Penganguran
  2. Kekerasan
  3. Pendidikan
  4. Kesehatan
  5. Upaya pengetasan kemiskinan di indonesia
Banyaknya kekerasan di berbagai daerah seperti kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) atau premanisme memunculkan berbagai spekulasi bahwa dinegara kita sudah tidak aman untuk ditempati. Begitu juga dengan pendidikan pemerintah sudah memberi kelancaran dalam pendidikan yaitu wajib belajar 9 tahun , BOS (biaya operasional sekolah) , ini merupakan sebuah pandangan bagi calon-calon masa depan negara kita yang begitu memprihatinkan dalam proses belajar , dan tentunya juga kesehatan sebagai mana kita tahu dalam beberapa tahun lalu diberbagai daerah banyak terjadi ancaman serangan flu burung , demam berdarah , dll . bukan penyakitnya saja yang mengenai si penderita tapi dampak si miskin dalam membiayai kesembuhannya menjadi sorotan . ini bukan lagi suatu masalah yang bisa dianggap mudha tapi ini merupakan masalah nasional bahkan didunia  untuk mengurangi angka kemiskinan.

Dalam berbagi sumber yang saya dapat orang kaya di indonesia  khususnya  orang dewasa hanya 15%, itu berarti masih banyak masyarakat diluar sana khususnya orang dewasa yang ekonominya masih dibawah rata-rata , banyaknya masyarakat desa yang berurbanisasi untuk memperbaiki ekonominya akhirnya pun jakarta selalu kedatangan setiap tahunnya , berbagai pemandangan bila kita melihat sisi kota yang terisi gedung-gedung tinggi ada rumah-rumah yang dibangun sembarang, mereka tidak peduli tanah yang bukan milik mereka tapi mereka tempati . ini merupakan masalah klasik yang perlu kita benahi apalagi seperti yang dikatakan pemerintah indonesia ekonomi kita naik sebesar 6% ditahun ini , semoga ini menjadi landasan penting bagi rakyat dan pemerintahnya dalam memerangi kemiskinan.

Indonesia dalam masa peningkatan dalam pembangunan itu terlihat dalam tahun ini , banyak yang dilakukan pemerintah agar semua bisa  teratasi dalam semua konteks , tapi sayangnya dibalik hal itu kemiskinan didaerah perkotaan masih membayangi kota jakarta , bukan saja dijakarta tapi dikota-kota lain, ini merupakan masalah sosial yang perlu diatasi disamping itu juga Masalah ini menimbulkan masalah-masalah baru seperti pengangguran, dan kekerasan yang belakangan ini sering terjadi di indonesia dan akhirnya pembangunan ekonomi tidak berjalan lancar. Dengan cara ini harus ada pertumbuhan ekonomi di indonesia, layanan masyarakan dan pengeluaran pemerintah seperti membuat lapangan kerja di berbagai daerah , mengurangi pengerjaan robot/mesin , dll.
Sampai dengan tahun 2011, tingkat kemiskinan nasional telah dapat diturunkan menjadi 12,49 persen dari 13,33 persen pada tahun 2010 , dan pada tahun ini dalam forum rio +20 di brazil pemerintah indonesia berhasil menurunkan angka kemiskinan ditahun ini menjadi 12,5 % berbeda dari tahun 1998 yaitu 24 %. Sudah saatnya peran aktif dari pemerintah dalam upaya memerangi kemiskinan harus tetap konsisten pada visi misinya dalam bertugas,dan pemerintah menargetkan Pada tahun 2013 pemerintah berharap angka kemiskinan bisa ditekan dikisaran angka 9,5-10,5 persen.

Kesimpulannya adalah kemiskinan merupakan masalah serius yang perlu ditekankan dalam sektor kebutuhan masyarakat, bukan hanya pemerintah yang perlu memerangi kemiskinan tapi dari kita sendiri yang ada rasa mau atau usaha pada dirinya untuk ikut memperjuangkan nasibnya yang kurang beruntung.

NKRI sebagai negara yang kaya akan SDA (sumber daya alam) . saran saya agar pemerintah dan seluruh masyarakat di indonesia mau bekerja sama untuk ikut berperan serta dalam meminimalkan jumlah angka kemiskinan agar negara kita bisa bangkit dari keterpurukan baik dari krisis ekonomi maupun kemiskinan yang semakin meningkat tiap tahunya, agar negara kita bisa berkembang dan maju serta mensejajarkan dengan negara maju yang sejahtera.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Copyright 2010 Dikarenaldy.

Theme by WordpressCenter.com.
Blogger Template by Beta Templates.