Selasa, 08 Oktober 2013


TIPS HEMAT ANAK KAMPUS 




Bagi kalian para mahasiswa yang sedang menjalani perkuliahan tentu ada kebutuhan yang sangat diperlukan apalagi keperluan itu harus secara teori kehidupan mesti ada dan tersedia disetiap kapanpun yaitu ‘DUIT” dijaman globalisasi sekarang tentunya sebagai anak kampus harus bisa me-manage keuangan mereka diawal sampai akhir bulan meskipun sumber duit mereka berasal dari orang tua atau kerja sampingan  , kalau berbicara tentang sumber keuangan dari orang tua tentu ada yang diberikan perbulan, perminggu dan perhari  itu pun bagi kita terasa belum cukup dengan kebutuhan kita yang harus dibutuhi sedangkan kerja pendapatan tentu harus benar-benar diatur dengan sebaik-baiknya kalau tidak maka akan stuck diakhir bulan apalagi banyak kebutuhan kampus seperti tugas , uang saku , nongkrong dan masih banyak lagi kebutuhan tersebut .
Tapi disini saya mau sharing tentang bagaimana  menghemat ongkos (cost effective) dalam berhemat dan meregulasi keuangan anda agar tidak terjadi lemahnya finansial diakhir bulan . lets see !!

1.    Membuat tabel kebutuhan sesuai pendapatan (income) dan pengeluaran (expense)

Bila mahasiswa bisa melakuan perincian keuangan dengan sebaik-baiknya tentu kebutuhan yang ingin dicapai bisa teratasi dengan strategi tersebut . INGAT !! bila suatu kondisi pendapatan tidak sesuai dengan kebutuhan yang ingin dibeli maka jangan memaksakan suatu kondisi tersebut hasilnya akan terjadi krisis finansial pada keuangan anda .hendaknya bisa bersabar dengan mengikuti alur(proses) yang sedang berjalan dan saya yakin anda bisa membeli kebutuhan yang ingin anda mau saatnya akan tiba .

2.    Belajar miskin terlebih dahulu demi mengumpulkan kekayaan

Maksud dari kata diatas bukan arti untuk menyuruh anda untuk menjadi pelaku miskin tapi biasakanlah menerima suatu kondisi sesulit apapun disaat pendapatan anda terkuras habis karna membeli sesuatu yang anda inginkan dan juga bila tidak terpenuhi pasti anda merasa bosan dengan kondisi tersebut maka dari itu ayolah biasakan lah me-manage diri sendiri terlebih dahulu , menjadi miskin secara temporer tidak masalah karna tujuan yang jelas dibandingkan kaya tapi tidak mempunyai tujuan dan akhirnya setelah itu anda pun bisa menerima kondisi apapun dalam kehidupan anda .

3.    Sabar akan menjadi jembatan anda menuju kepuasan

Tentu saja bila kata tersebut akan menjadi prinsip anda dikemudian hari , banyak orang mengatakan “ lebih cepat lebih baik “ memang dalam arti tersebut menggambarkan sifat progres yang ingin dicapai sebelum dicapai orang lain , tapi ingat kata “lebih cepat lebih baik “ tidak berlaku untuk mahasiswa , mengapa ? karena jelas kata tersebut ada koneksi dengan nomor 2 , jika harga kebutuhan relatif belum memenuhi standar keuangan anda tentunya key word in your life is calm . maka dari itu berfikir cerdaslah dalam mengelola keuangan anda , jika kepentingan yang tidak terlalu dibutuhi anda bisa secara langsung mem-black list kebutuhan itu . INGAT !!! dahulukan kebutuhan utama dibanding kebutuhan yang tidak berguna di program list anda . dan juga sisihkanlah hasil pengeluaran anda yang sudah anda beli ke money box anda , berapapun kuantitasnya asal-kan anda bisa terus mengulang kebiasaan itu maka kebutuhan apapun bisa dicapai dengan mudah.

4.    Focus tetap menjadi pusat pemikiran anda

Banyak dari mahasiswa yang terjatuh dinomor ini , hilangnya kendali fokus anda terhadap apa yang anda inginkan membuat anda merasa menyesal dengan apa yang anda penuhi , tapi ingatlah strategi ini bukan suatu ajang formal yang sekalinya gagal anda tidak bisa mencoba lagi , anda bisa mengulang secara beberapa kali tapi ingatlah yang menjadi kegagalan semakin anda mengulang maka itu akan menjadikan kebiasaan buruk anda kedepannya. agar anda bisa menjaga stabilitas pemikiran adalah belajar bersikap menolak dan menahan rasa iri anda terhadap kebutuhan yang anda mau , berfikirlah secara intelektual bukan secara rendah anda berfikir . secara simplenya anda bisa menulis dipaper dengan tulisan motivasi tentang menjaga keuangan anda , contohnya : “ HEMAT AKAN MENJADIKAN ANDA ORANG YANG KAYA” . itu secara simplemya ,tergantung mindset anda dalam mengatasi hal tersebut .

5.    Percaya diri dalam kemauan

Sikap ini akan menjadi peluru terakhir dalam menguatkan kepercayaan (confidence) anda dalam mencapai suatu kebutuhan yang anda mau , bersikaplah optimisme terhadap pendapatan anda bahwa anda bisa mengatur keuangan tersebut secara optimal . kalau anda pesimis terhadap pendapatan anda maka hasilnya akan terjadi destruction  dalam finansial anda . “ slow down and then it will be happened “


Sekian dari tips dan strategi dari saya , semoga artikel ini membantu kerumitan anda dalam mengelola keuangan serta  membangun rasa keyakinan dan perencanaan kalian esok hari . semoga sukses menjadi mahasiswa yang hemat !!!


0 komentar:

Posting Komentar

 

Copyright 2010 Dikarenaldy.

Theme by WordpressCenter.com.
Blogger Template by Beta Templates.