Senin, 28 Oktober 2013



MENJAGA KEBUDAYAAN INDONESIA




Indonesia memiliki kebudayaan yang sangat banyak dari setiap provinsi tentunya kebudayaan tiap provinsi memiliki ciri khas dan karakteristik pada budaya tersebut , tentunya kebudayaan indonesia sudah sangat terkenal di International diantaranya yaitu Batik , Batik sudah menjadi kultur di Indonesia bahkan menjadi pakaian wajib ketika ada acara formal disegala acara pemerintahan atau dilingkungan rumah . tapi tren batik bukan hanya menjadi sorotan dalam acara formalnya saja , tapi batik sudah menjadi pakaian harian dalam berpergian ke kampus , kantor bahkan berpergian keluar rumah . tapi dijaman modern sekarang batik masih konsisten dalam perkembangan jaman . batik sudah menjalar bukan hanya menjadi pakaian tapi batik sudah menjadi inovasi untuk tas , sepatu, dan lain-lain , itu yang menjadi daya tarik international ikut meramaikan batik dengan model fashion terbaru di setiap promosi budaya . bahkan artis hollywood ikut memakai batik sebagai destinasi fashion mereka dalam berfashion didunia modeling .
Di negara ini tentu kita sudah tahu bahwa hari batik jatuh pada tanggal 2 oktober disetiap tahunnya , setiap elemen masyarakat bisa mengenakan batik kemanapun ia pergi karna hari batik tidak mengenal hari manapun , tapi dimasalah lain mungkin orang masih berpendapat memakai batik hanya bagian acara formalnya saja seperti menghadiri acara pemerintahan atau acara keluarga . inilah yang menjadi sorotan kita bagaimana akal masyarakat masih malu dalam hal berpakaian batik , tapi ini sekedar minoritas masyrakat elemen menengah dan kebawah . banyak dari mereka masih menyembunyikan sensasi mereka dalam hal berpakaian , tentu ini harus diubah secara fundamen akal masyrakat yang harus mengubah pola pikir mereka terutama generasi muda yang harus bisa mengamalkan batik sebagai destinasi berpakaian mereka dalam berpergian , masih ada anak muda yang masih malu dalam memakai batik ,alasannya mungkin corak dan warna yang terlalu signifikan berlebihan dipakaiannya . okee mungkin itu yang menjadi alasan mereka tidak mau memakai batik sebagai model pakaian mereka tapi mereka juga harus membiasakan tidak memikirkan corak dan warna batik  karena corak batik memiliki ciri khas dan arti tersendiri dan warna merupakan suatu kekuatan pada batik agar semakin indah dipandang dan kita juga tahu dijaman modern sekarang tentu batik sudah menambahkan model terbaru dan sesuai dengan tren anak muda , seperti batik yang menambahkan lambang klub-klub eropa di corak batiknya tentu itu sangat modern dan lebih efektif bila dipakai oleh anak muda . tentu nilai-nilai yang ada pada batik juga harus diamalkan dan dilindungi oleh para pemuda agar batik tidak terbuang jaman , apalagi semakin berkembangnya jaman teknologi dan inovasi pun terus bertambah jadi semakin bahaya bila suatu kebudayaan yang kita miliki harus dihancurkan oleh kebudayaan negara lain . tugas kita sekarang adalah tidak perlu sampai keluar negri mempromosikan dan melihatkan pada dunia bahwa batik milik indonesia , itu tidak perlu karna batik sudah diakui UNESCO bahwa batik milik indonesia , dan tugas kita hanya mengamalan dan menjaga kebudayaan indonesia termasuk batik yang harus selalu kita amalkan pada kehidupan sehari-hari dan jangan biarkan negara lain merusak citra dan martabat kebudayaan indonesia .
Kebudayaan indonesia sebagai prioritas utama bagi anak muda untuk terus bisa merealisasikan nilai-nilai yang terkandung pada batik dan tetap menjaga keutuhan kebudayaan di indonesia dengan banyak menanamkan sifat cinta pada tanah air karna siapa lagi yang akan menjaga kebudayaan indonesia dikemudian hari , maka dari itu marilah kita sebagai pemuda ikut merealisasikan hal tersebut agar kita bisa memberikan edukasi dan penyuluhan tentang kebudayaan indonesia pada anak dan cucu kita dimasa depan nanti agar mereka ikut menjaga stabilitas kebudayaan dan memajukan kebudayaan indonesia pada dunia.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Copyright 2010 Dikarenaldy.

Theme by WordpressCenter.com.
Blogger Template by Beta Templates.