Minggu, 20 Oktober 2013



DICARI PEMIMPIN BANGSA YANG TEGAS JUJUR DAN BERINTEGRITAS



Indonesia memiliki individu-individu yang  mempunyai pemikiran kepada sosok pemimpinnya dan bermimpi memiliki sosok pemimpin yang kompleks dimata rakyat , tapi dalam kurun beberapa tahun ini sudah banyak progres dari pemerintahan saat ini meskipun disisi lain masih ada kekurangan pada sektor yang kurang diperhatikan . tapi inilah wujud dari sebuah perjalanan sesorang pemimpin tidak selalu berjalan mulus dan mudah menghadapi rintangan berliku, tapi bagaimana sebuah rintangan dijadikan sebuah sikap optimisme dalam mengarungi perjalanan bangsa ini .

Bila kita melihat dalam perspektif yang berbeda tentu disebagian masyarakat indonesia sudah memiliki ideologi sendiri-sendiri kepada calon sosok pemimpinnya tapi disebagian mereka belum menemukan sosok tersebut karna bangsa ini seperti tidak melahirkan pemimpin yang benar-benar dicita-citakan oleh rakyat. Banyak kesenjangan dibidang-bidang yang kurang diperhatikan dan keputusan yang terkadang tidak relevan kepada rakyat membuat masyarakat jenuh akan kondisi yang semakin memburuk , seperti dimasalah terbaru ini yaitu korupsi dilembaga negara  yang tentu sangat memprhatinkan bagi seluruh elemen masyarakat , bagaimana tidak ? kalau pemimpin lembaga negaranya saja sudah melakukan tindakan merugikan negara sampai triliyunan apalagi lembaga tersebut mempunyai visi untuk menegakan hukum di indonesia . ini merupakan suatu pr besar bagi komisi pemberantasan korupsi dalam menindak koruptor yang telah menjatuhkan ekonomi rakyat serta menghapuskan kepercayaan rakyat kepada pemimpinnya .

Tap dalam era ini masyarakat sudah menemukan sosok pemimpinnya yang sudah membuat kagum akan dedikasinya untuk jakarta dan karakter pribadinya yang sederhana yaitu bapak jokowi , beliau menurut rakyat sudah memenuhi kriteria klasifikasi dari hati rakyat bagaimana ia bisa me-manage segala persoalan di ibu kota dengan baik , meskipun masih ada persoalan di penggusuran yang tentu para korban tidak terima rumahnya dihancurkan , banyak konsolidasi yang dilakukan oleh jokowi agar masyarakat yang terkena penggusuran bisa ikhlas dan solusi untuk memenuhi tuntutan masyrakat yaitu penambahan rumah susun , solusi itu bisa menangani persoalan tuntutan rakyat . tapi bagi saya itu belum cukup untuk membangun sebuah bangsa yang maju , indonesia bukanlah Cuma jakarta dan solo tapi indonesia punya beberapa daerah yang harus dikembangkan dalam sektor yang tertinggal seperti kemiskinan , pengangguran , dan lain-lain . menurut saya jokowi tinggal memenuhi satu klasifikasi lagi untuk menjadi leader bangsa yang benar-benar menjadi panutan rakyat adalah ketegasan , mengapa ketegasan ? tegas bukan hanya soal mengambil keputusan dalam menentukan finalisasi sebuah persoalan tapi tegas dalam arti bijaksana dalam membangun semangat rakyat (optimisme) menurut saya sifat itulah yang harusnya ada disetiap pemimpin , terakhir pemimpin yang memiliki sikap tersebut adalah presiden pertama kita yaitu Ir. Soekarno , beliau bukan hanya berani dalam menghadapi penjajahan belanda tapi sosok beliau yang tegas dalam membangun rasa nasionalisme dan memotivasi setiap rakyat untuk bangkit dari keterpurukan . itulah yang menjadi tolak ukur beliau dengan pemimpin sekarang , tapi bagi saya saat sekarang pak jokowi hanyalah masalah timingnya saja , karna proses kebijakan dan keberanian beliau lah yang akan menumbukan sikap yang diimpikan rakyat
Indonesia seharusnya banyak melahirkan pemimpin yang diimpikan oleh rakyat tapi banyak melahirkan koruptor dijaman sekarang 
tapi disini ada 3 sifat klasifikasi utama pemimpin yang akan menjadi parameter keinginan rakyat :

1.     Jujur dan sederhana
Sifat ini tentu harus dimiliki permanent dalam setiap pemimpin karna pemimpin yang jujur tentu akan menumbuhkan kepercayaan rakyat kepada pemimpinnya , kemudian kesederhanaan pemimpin bisa menjadi panutan untuk rakyat dan lebih menyikapi bahwa pemimpin berasal dari rakyat tentu tidak masalah kalau kesederhanaan pemimpin bisa menjadi karakter panutan untuk rakyat.

2.     Tegas
Seperti yang dibahas tadi , tegas adalah senjata untuk pemimpin dalam menentukan opsi terbaik untuk bangsa ini dam sifat itu akan menjadi indikasi keberanian pemimpin dalam menhadapi persoalan apapun.

3.     Berintegritas
Potensi pemimpin akan menunjukan progres yang lebih baik karena sosok sifat dan kewibawaan yang membawa rakyat lebih menyukai pemimpinnya , jika sudah klasifikasi tersebut terpenuhi itu akan menjadi sebuah sinergi untuk pemimpin dalam menunjukan sikap yang jujur dalam membawa bangsa ini yang lebih baik .

Bangsa ini sudah lama memimpikan sosok pemimpin yang di citakan oleh rakyat tapi dari itu balik lagi ke hati rakyat , semua berawal dari rakyat untuk menentukan sosok pemimpinnya , rakyat tidak perlu janji manis , program baik tapi rakyat hanya ingin pemimpin yang bisa memenuhi dan mendengarkan aspirasi  rakyat dengan keinginan hati bukan paksaan sebuah hati . karena pemimpin yang baik tentu harus menjadi pendengar yang baik maka itulah yang bisa menjadi gejolak keinginan saat ini di indonesia untuk menemukan sosok pemimpin yang memiliki ideologi baik untuk bangsa ini .

0 komentar:

Posting Komentar

 

Copyright 2010 Dikarenaldy.

Theme by WordpressCenter.com.
Blogger Template by Beta Templates.