Jumat, 28 September 2012


Kebudayaan jawa

.Suku jawa 





Dizaman sekarang suku merupakan ciri khas tersendiri dari daerah tersebut , berbagai macam suku telah banyak ditemukan didunia mungkin tak terhitung jumlah budaya-budaya yang ada didunia, kebudayaan adalah termasuk fungsi dari berbagai negara untuk menambah devisa negaranya dengan mempromosikan berbagai kebudayan , dari bahasa yang berbeda dan cara mereka melakukan tradisi-tradisi unik didaerahnya adalah suatu yang harus kita jaga dan kita lestarikan budayanya agar tidak terpengaruh oleh buday-budaya modern yang semakin lama akan menutupi budaya masing-masing daerah tersebut. Termasuk salah satunya kita akan membahas kebudayaan jawa di indonesia khususnya dipulau jawa.

Suku jawa merupakan suku bangsa terbesar diindonesia sekitar 41,7% etnis jawa banyak yang berasal dari jawa tengah, jawa timur , dan yogyakarta .  selain ketiga provinsi tersebut suka jawa banyak bermukin didaerah jawa barat khusunya kabupaten indramayu dan cirebon , suka jawa juga memiliki sub-suku yaitu osing dan tengger . walaupun banyak ditemukan didaerah jawa suku jawa juga ada di luar negri khususnya negara di amerika tengah yaitu suriname alasanya pada zaman kolonial belanda banyak pekerja dari jawa berimigrasi ke negara tersebut yang dikenal dengan jawa suriname. Suku jawa tidak bisa dipisahkan dari 3 unsur yang melekat pada budaya tersebut yaitu keseimbangan , keselarasan dan keserasian . itulah yang membuat suku jawa memberikan teladan bagi masyarakat dipulau jawa.

. Kepercayaan dan bahasa
  
Sebagian besar masyarakat jawa banyak menganut agama islam , tapi ada juga dari mereka yang beragama protestan dan katolik , mereka bertempat tinggal dipedesaan . agama budha dan hindu juga ada ditemukan di jawa , kebudayaan jawa memiliki kepercayaan tersendiri yaitu agama kejawen pengaruh dari agama hindu budha , masyarakat jawa terkenal dengan sifatnya sinkretisme yang ditafsirkan dari nilai-nilai jawa yang dipengaruhi dari budaya luar sehingga pemikiran seseorang menjadi kabur .
Sementara bahasa yang pokok digunakan disuku jawa ialah bahasa jawa yang sering digunakan setiap hari tapi dari berbagai sumber masyarakat sering mengkombinasikan bahasa jawa dan indonesia dalam percakapan , bahasa jawa memiliki cara unik dalam bercakapan antara pembicara dan lawan bicara yang dikenal sebagai unggah-ungguh , bahasa jawa juga memiliki perbedaan kosakata dan intonasi .

.kesenian budaya

Masyarakat jawa dikenal dengan seninya yang terpengaruhi dari hindu-budha selain dari india ada juga pengaruh dari dunia barat kita sebut saja dari berbagai pengaruhnya ialah wayang dan lakon sebagian besar cerita dari wiracarita ramayana dan mahabrata . salah satu yang terkenal dari kebudayaan jawa ialaah ciri khas batik dan keris merupakan bentuk ekspresi seniman-seniman yang ada dimasyarakat jawa , meskipun ditahun lalu salah satu budaya kita yaitu batik dicaplok oleh negara tetangga yaitu malaysia . kita sudah sepatutnya melesatarikan apa yang sudah diberikan dari leluhur masyarakat jawa kepada kita agar mengembangkan potensi budaya serta mempromosikan digenerasi dini maupun muda karna kalau bukan kita , siapa lagi yang akan menjaga selanjutnya . dunia pun sudah mengakui bahwa batik merupakan asli indonesia , dan bahkan PBB pun akhirnya memilih batik indonesia sebagai situs warisan dunia UNESCO.
kesimpulannya bahwa kebudayaan jawa merupakan suku terbesar diindonesia , yang mayoritas penduduknya banyak berdomisili didaerah indonesia  , banyak keanekaragaman seni dan budaya dijawa , begitupun dengan khas kulinernya dan pariwisatanya , dengan penduduk 136 juta, pulau ini merupakan pulau berpenduduk terpadat di dunia dan merupakan salah satu wilayah berpenduduk terpadat di dunia. Pulau ini dihuni oleh 60% penduduk Indonesia.

pendapat saya tentang arsip ini ialah Mari kita ajak semua rekan maupun semua golongan untuk bekerja sama dalam ekspresi kecintaan kita terhadap budaya kita sendiri termasuk kebudayaan jawa karena kita tidak tahu 100 tahun yang akan datang akan bagaimana, kita berharap dari mulai kita mempunyai anak dan cucu sudah memperkenalkan dan mengajarkan budaya kita sendiri apalagi teknologi dan budaya modern pun semakin banyak yang terlahir , sudah sepatutnya bukan pemerintah yang harus bekerja didepan sebaliknya ialah kita yang harus memulainya dengan rasa cinta kita terhadap budaya diindonesia.




 
Sumber : wikipedia indonesia dari Clifford Geertz (inggris)
Referensi :
Alviandikha .kebudayaan jawa. http://id.wikipedia.org/wiki/Kebudayaan_Jawa .28september2012


0 komentar:

Posting Komentar

 

Copyright 2010 Dikarenaldy.

Theme by WordpressCenter.com.
Blogger Template by Beta Templates.