Kamis, 21 November 2013



Maju bersama Jakarta

 




Melihat sebuah pandangan khusus dalam mengaplikasikan sebuah kota yang tentunya menjadi sorotan dunia dalam pusat dari seluruh pergerakan di bidang-bidang yang lain seperti bidang ekonomi, politik, budaya dan masih banyak lagi.
Jakarta seperti halnya puzzle yang terus memenuhi kebutuhan yang lebih kompleks agar menjadi kesatuan yang utuh tapi tentunya banyak indikasi yang selalu menjadi sorotan  tentu sangat memprihatinkan masyarakat jakarta seperti halnya bencana banjir , penggusuran lahan , penyimpangan sosial dan tentu masih banyak PR yang terus dihadapi oleh pemerintahan jakarta sekarang , tapi dalam hal fundamental yang harus dibenahi dahulu adalah memberikan penyuluhan serta membiasakan akhlak masyarakat jakarta yang sudah sangat tidak etis bila dilihat dari elemen masyarakat ke bawah , bila kita melihat dalam statistik hampir elemen masyarakat kebawah yang banyak memberikan dampak negatif kepada ibu kota termasuk membuang sampah kesungai , dan mendirikan lahan sembarang di area yang seharusnya tidak boleh mendapat izin . dari sana banyak yang bisa dievaluasi lebih lanjut pleh pemerintahan jakarta dalam menyikapi hal tersebut seperti penambahan tempat sampah yang harus ditaruh di pinggiran sungai agar masyarakat lebih peduli terhadap lingkungan serta petugas lingkungan yang harus terus patroli dipinggiran sungai agar selalu mengawasi setiap elemen masyarakat yang membuang sampah sembarangan . seperti sumber yang saya lihat di acara televisi yang dikatakan masyarakat yang tinggal di pinggiran sungai yang mengatakan “ disini kita sering membuang sampah kesungai karena tidak ada kesediaan tempat sampah dilingkungan mereka .” bila ini menjadi bahan analisa lebih lanjut tentu pemerintahan bisa membuat kebijakan lebih lanjut dan menambah kesediaan tempat sampah diarea pinggiran sungai .
Ibu kota memang sudah menjadi sorotan ekonomi bagi masyarakat elemen ke bawah yang mencari peruntungan dalam mencari pekerjaan yang sesuai dengan mereka tapi jika tidak ada strategi dan pendidikan tentu kita akan sering melihat dikota jakarta seperi pengemis , anak jalanan , dan lain-lain. Inilah seharusnya menjadi catatan untuk pemerintah dalam memerangi dan mewujudkan jakarta yang maju dan kota yang berbudaya . semua itu tidak bisa dilakukan secara individu dalam merealisasikan kemajuan kota jakarta di mata dunia .
Kita lihat saja seperti ibu kota negara lain seperti kuala lumpur (malaysia) , bangkok (thailand) yang tentu dalam pengelolaan kota sangat efektif dan sangat efisien demi terbentuknya kota yang yang menjadi destinasi para turis . dan juga para masyrakatnya yang mentaati peraturan serta tidak melakukan pelanggaran yang sangat merugikan kota , karena mereka sadar akan kota yang mereka impikan . secara radikal memang butuh waktu yang perlu dinormalisasi lagi keadaan sekarang , karena di era sekarang kepadatan penduduk di jakarta sangat besar , itu yang memungkinkan harus disiapkan beberapa kebijakan dalam meregulasi setiap opsi yang akan ditempuh .
Dan yang baru sekarang adalah bencana banjir yang sedang melanda jakarta , bagaimana tradisi itu masih dipertahankan sampai sekarang karena masih sulitnya mencari solusi untuk daerah yang sering terkena banjir . banyak dari solusi yang diambil dari kejadian tersebut seperti sistem drainase air , air sumur resapan , serta penggerukan sungai . hal itu memang efektif tapi tinggal menunggu efektifitasnya saja , karena biasanya dinamika yang terjadi sekarang banyak pelanggaran yang membuang sampah kesungai , itu yang menjadi perhatian khusus bagi pemerintah seperti memberikan denda kepada siapapun yang membuang sampah ke sungai serta menyiapkan petugas untuk menjaga sungai disetiap titik-titik yang banyak membuang sampah . tentu ini harus segera direalisasikan demi terciptanya jakarta yang bersih dan bebas dari banjir , tinggal bagaimana masyarakatnya sendiri yang meregulasi dirinya sendiri untuk menjadi pribadi yang berakhlak karena ini seperti artikel saya yang berjudul “ merubah karakter jakarta yang lebih baik “ di situ disebutkan ada beberapa option untuk bisa menjadi pribadi yang lebih baik demi terciptanya karakter jakarta . semoga jakarta akan terus mengalami kemajuan dibidang apapun termasuk disetiap problematika yang ada di kota metropolis ini . dan juga harapannya kepada masyarakat jakarta semoga menjadi individu yang mulia dan memiliki rasa peduli kepada kota ini , karena kalau bukan pemerintah siapa lagi yang ikut mengamalkan dan memajukan kota ini , kita sendiri sebagai masyrakat untuk ikut bersama pemerintah memajukan kota ini bersama .

0 komentar:

Posting Komentar

 

Copyright 2010 Dikarenaldy.

Theme by WordpressCenter.com.
Blogger Template by Beta Templates.